Login / Register    » RSS GEMA Feed

Apa itu Rebana dan Mengapa Bermain Rebana?

Comments

29 comments posted
Our new Christian dance company

Dear Friends in Christ,

Allow us in humble to introduce to you our dance company, Rivera Monarie. We are an independent Christian dance company consists of six members, aim to deliver spiritual yet entertaining dance performances for all ages, specially to young audience.

Please visit our website and our blog that has just been soft launched at your convenience time at address below:

http://riveramonarie.tripod.com
http://riveramonarie.blogspot.com

With warmest regards,

-Rivera Monarie-

Sahabat GEMA's picture
Posted by Sahabat GEMA on 1 October, 2008 - 01:12
shallom 4every 1

bagaimana caranya menari tarian ini?

Felin's picture
Posted by Felin on 7 October, 2008 - 13:24
shallom...

hi.
i'm new here.
God bless all of us.amen.

jude's picture
Posted by jude on 17 October, 2008 - 07:58
Cara menari

Tulisan ini informatif karena saya jadi mengerti kalau tari tamborin itu digunakan di perayaan bukannya pada saat berkabung :P

Tapi saya ingin tahu juga, bagaimana cara menari tarian ini?
Saya diberi tugas membuat gerakan dan menjadi instruktur untuk mengajar tarian ini ke anak-anak SMP untuk merayakan Natal, tapi saya sendiri sebenarnya sama sekali tidak punya pengalaman dalam hal ini. Saya bingung, jangan-jangan ada aturan tertentu yang harus diikuti kaalu ingin membuat koreografi tari tamborin, dan takutnya kerena minim pengalaman, koreografi yang saya buat terkesan asal-asalan.

Pengetahuan saya hanya sebatas informasi lewat internet saja. Tidak pernah diajar secara langsung.

Kira-kira ada yang dapat membantu? Kalau iya, bisa tolong menghubungi alamat e-mail dibawah ini?
ginger_shive@yahoo.com

Thx ya, GBU.

Sahabat GEMA's picture
Posted by Sahabat GEMA on 26 October, 2008 - 17:24
Gerakan Tamborin...

Aku sama temen2 di greja juga merasa terberkati dengan artikel diatas. Kami juga pakai untuk share satu sama lain.

Namun hal yang sama dari comment di atas..selama ini di greja kami, tarian yang kami buat hanya karena belajar secara otodidak saja.ada beberapa gerakan yang memang di ajarin. akhirnya gerakan itu2 saja yang kami pakai...apakah temen2 punya info buku atau web atau CD yang dapat kami beli untuk refrensi kami???

Mohon infonya yah kalo ada....saya bisa dihubungi di tika_ok2003@yahoo.com.
terima kasih sebelumnya...GBU++

Sahabat GEMA's picture
Posted by Sahabat GEMA on 1 November, 2008 - 11:10
salam dari Malaysia

saudari, selain daripada kamu ikut korografi yang sememangnya yang ditetapkan, kamu juga boleh mereka sendiri tarian tamborin.

saya dan teman2 segereja saya juga pernah menghadapi situasi sperti saudari. namun apa yang kami pelajari. menari tamborin adalah satu persembahan kudus dan tulus dari hati kita. tidakah lebih baik kita menari dari hati kita dengan tarian yang kita cipta sendiri. saya percaya, Tuhan melihat luahan hati penyembahan kita melalui setiap gerak tari yang kita lakukan. saya rasa saudari juga hebat dalam tarian tamborin ini. jadi saya dorong saudari dan teman2 segereja saudari tidak terlalu ikut korografi. lakukan dari hati kalian. ok =)!

saya ada beberapa buku asas cara2 tari rebana. tpi saya pun agak bergumul juga bagaimana saya mahu share kandungannya dengan kamu hehe...

salam dari Malaysia.

flojay's picture
Posted by flojay on 9 February, 2010 - 08:50
tambourine dancer

terima kasih banyak buat tulisan yang informatif ini. Selama ini saya di gereja atau kampus banyak latihannya tapi sedikit materinya. Jadi lumayan bingung kalo ditanya temen yang nggak tau gitu, buat apa ibadah kok pake penari. Tulisan ini lumayan nambah referensi.
Cuma yang mau saya tambahkan, tolong dong kasih sedikit penjelasan juga tentang bidang tari yang lain. Seperti flag, flower, ribbon, dll. Soalnya kan yang paling umum memang tamborin aja, padahal di banyak gereja juga ada macam tari seperti di atas. Saya butuh infonya dan referensi dr Alkitab. Kalo memang tari2an tersebut pernah digunakan di Alkitab.
Tolong dikirim ke ya_ovee@yahoo.co.id
Terima kasih banyak.
Tuhan berkati

Sahabat GEMA's picture
Posted by Sahabat GEMA on 3 November, 2008 - 21:05
tambourine koreografi

Hallo,

Sy sedang cari gerakan2 yg ini,
karna sy tinggal di luar negri, susah dapetin buku2 tambourin dance..
Adlib/Full Gospel/Adlib
Celebration 2x
Name of the Lord 2x
Unity 2x
Majesty 2x
Banner/Kid's Banner 2x
Spearhead/Full Gospel 2x
Friend of God A 2x
Armour of God 2x
Punishing Rod 2x
Judah 2x

ada yg bisa bantu ? tolong kirim message di http://milkychocolate.wordpress.com , terima kasih banyak..

nina's picture
Posted by nina (not verified) on 12 November, 2008 - 18:08
shallom

hii...
seneng d..akhirnya sy bisa bc artikel rebana...
sy udh nggak nari lg siih..
cm wktu kuliah sering nari rebana,yg jd pergumulan wkt itu banyak yg kontra dgn tarian rebana...
mmg pegetahuan ttg rebana wkt itu msh sngat krng...sy cm bisa bdoa..spy setiap orng yg liat qt nari..diberkati..
sedih jg siih wkt itu..
pelayanan nari wth airmata...
walaupun skrng udh kerja n nggak nari lg..sy tetap rindu utk mau tau tentang pelayanan tarian rebana..mknya pas dpt 'gema' seneng bngt..
krn sy rindu ngajarin tarian rebana adik2 pelayanan di jmaat sy.
semoga gema blh jd motivator n leader yg ok bwt sy..tks ya..Gb

jie's picture
Posted by jie (not verified) on 14 November, 2008 - 18:00
shalom jie.... kami senang

shalom jie....
kami senang sekali dengan tanggapan Anda, dan kami sangat bersyukur karena tulisan-tulisan di GEMA memberkati banyak orang, termasuk jie.
Jie juga bisa mengirimkan tulisan-tulisan kamu, yang berhubungan dengan pelayanan tentunya, tapi harus daftar sebagai member dulu, gratis kok.

admin's picture
Posted by admin on 17 November, 2008 - 09:37
ada bukunya ga

hai...
aku penari tamborin di gerejaku
cuma, udah lama ini pelatih kami pindah keluar kota. jadi kita ga ada yang latih lagi, dan suka susah klo mau cari gerakan yang baru.

so..
ada yang punya buku ato petunjuk lainnya dalam bentuk VCD ga?
kalo ada
email aq di: levana_mb@yahoo.com ya
tq
GOD bless

eva's picture
Posted by eva (not verified) on 27 November, 2008 - 16:08
gerakan tamborine

syaloom.....
saya pengen banget belajar menari tamborine yang berkenan buat Tuhan. gimana ya cara belajarnya?
apakah setiap gerakan yang dimainkan harus memiliki arti?
jujur dulu aku pernah ad yang latih tapi gak lama. karena pelatihnya dapet kerja keluar negri setelah itu kita membuat gerakan sendiri....
dulu menurut aku menari tamborine ya menari saja tapi belakangan ini kok banyak yang bilang dasar-dasarnya menari tamborine itu banyak ya salah satunya harus mengerti dulu tentang tamborine itu sendiri dan belajar lewat Alkitab jg,karena dulu pelatihnya gak ngajarin dari itu.....
bisa gak aku minta penjelasan semuanya itu , video gerakan* dan apakah costum tamborine itu ada ketentuannya seperti apa modelnya....?
aku pengen banget belajar dan mengajarkan ke temen-temen yang lainnya.... kalo ada yang bisa bantu tolong email ke saya ya....
fran_sye@yahoo.co.id
thanks 4u
GBU........

syela's picture
Posted by syela (not verified) on 5 January, 2009 - 10:22
saya juga pengen tanya, apa

saya juga pengen tanya, apa sajakah yang tidak boleh dilakukan dan dipakai oleh sorang penari tamborin baik saat menari ataupun dalam kehidupan sehari-hari? mengapa? dan apakah kita boleh membuat gerakan tamborin sendiri? dan apakah gerakan itu harus mengacu pada ayat2 di Alkitab? mengapa gerakan tamborin setiap gereja beda?

Sahabat GEMA's picture
Posted by Sahabat GEMA (not verified) on 14 January, 2009 - 14:43
sejarah tari tamborin

syaloom.....
saya sagangat tertarik dengan artikel ini.......
ketertarikan saya yaitu karna adanya tarian dalam gereja yang tidak semua gereja mengadakan tari tamborin ini.....
saya mau tanya. SEJARAH TARI TAMBORIN MASUK KEDALAM GEREJA KHUSUSNYA DI INDONESIA.
atau ada nga BUKU yang membahas Tari Tamborin....
Tolong bantuan teman - teman gema. sabda

jack's picture
Posted by jack (not verified) on 27 February, 2009 - 15:04
hai,, saLam keNaL

hai,,
saLam keNaL semuaaaaAaAaa..

wah, artikel yang bagus! ^^
menambah pengetahuan mendasar untuk para penari rebana, dan dapat dijadikan bahan untuk pembekalan bagi para penari rebana sebelum melakukan pelayanan..namun, akan lebih baik lagi jika ditambahkan contoh gerakan2 tarian rebana.. ^^
thx..
semoga informasi ini dapat membantu para penari rebana!
tetap semangat!
Gbu aLways!

icha's picture
Posted by icha (not verified) on 23 March, 2009 - 08:38
hi...lam knal ych

q pengen lebih tao, gerakan tambourine,,,
karena, kebtulan aq digereja jg di tunjuk sbg peng koordinator tambourine dgereja q...
maukah kamu berbgi dgn aq,,, grakan2 yg qmu ketahui,,krena gerakan yg qmi miliki skrg sgt minim,,
klo bisa tlong kirim ke almt e-mail q
di... hanakian_yoan@yahoo.com
BGU, than"zzz

Sahabat GEMA's picture
Posted by Sahabat GEMA (not verified) on 24 April, 2009 - 15:18
hi...lam knal ych

q pengen lebih tao, gerakan tambourine,,,
karena, kebtulan aq digereja jg di tunjuk sbg peng koordinator tambourine dgereja q...
maukah kamu berbgi dgn aq,,, grakan2 yg qmu ketahui,,krena gerakan yg qmi miliki skrg sgt minim,,
klo bisa tlong kirim ke almt e-mail q
di... hanakian_yoan@yahoo.com
gbu, than"zzz

Sahabat GEMA's picture
Posted by Sahabat GEMA (not verified) on 24 April, 2009 - 15:20
Shallom..

Thanks buat semua isi mengenai pelayanan rebana ini.sa sangat membutuhkan pertolongan dari kamu buat gereja saya..saya adalah ketua penari rebana bagi anak2 muda di gereja yang sa layani sekarang..sa ingin kalian membantu saya untuk mencari buku2 mengenai tarian rebana..klo ada tolong send n bgtaw apa laman web ataupun tajuk buku yg boleh sa dapati..
E-mail:Evisxah_japanese@yahoo.com
Thank you.

Sahabat GEMA's picture
Posted by Sahabat GEMA (not verified) on 25 June, 2009 - 08:29
syalom semua,lam kenal

syalom semua,lam kenal y
saya juga masih pemula dalam hal tarian tamborin,
gimana kalau sekali2 temen2 gathering n ketemuan, kan bisa sharing2 gerakan ato latihan bareng

christya's picture
Posted by christya (not verified) on 14 September, 2009 - 15:53
Hanya dgn Iman dan Hikmat dr

Hanya dgn Iman dan Hikmat dr Yesus itu sndri yg dpt memberikan pngertian yg tepat ttng Trinity

rifardo's picture
Posted by rifardo on 4 October, 2009 - 08:39
hi semua

hi semua sahabat GEMA,

makasih buat artikel tamborine, aq di berkati bgt..
aq juga penari tamborin yg sekarang udah ngajar tamborin...
kalo ada temen2 yg mau shering tentang tarian tamborine ato rebanan, kirim email aja ke joemasachika@yahoo.co.id
sapa tau ada yg isa aq jawab... hehehe ^^

@untuk Abdillah : ga ada yg isa mengerti tentang trinity, tanpa hikmat Yesus,
dan seharus nya kamu yg berkata sama diri kamu sendiri, kata2 terakhir kamu, karna ga ada jlan menuju ke surga tanpa melalui Yesus sang Juru S'lamat.. ^^
salam kenal untuk kamu..
-Jesus Love You-

ju_chocolate's picture
Posted by ju_chocolate (not verified) on 3 February, 2010 - 12:58
mau tnya ttg harga

mau tnya ttg harga rebana???
mksih

Sahabat GEMA's picture
Posted by Sahabat GEMA (not verified) on 8 March, 2010 - 09:00
harga rebabana

harga ada beberapa type adano hpnya nanti saya sms

Roy Daniel Sitepu's picture
Posted by Roy Daniel Sitepu on 1 April, 2010 - 08:28
tamborine hologram

10 inch double jinggel [REMO] harganya 457,ooo minimal beli 2 pcs
10 inch singel jinggel [REMO]harganya 400.000 minimal beli 2 pcs

Roy Daniel Sitepu's picture
Posted by Roy Daniel Sitepu on 1 April, 2010 - 18:50
keren

ku pengen tau lebih banyak tentang tambourine. ku pengen tari yang bisa dianggap seni tari religi ni bisa berkembang. pasti keren.........

Riya_,manis's picture
Posted by Riya_,manis (not verified) on 20 May, 2010 - 17:20
Waw Praise GOD, terima kasih

Waw Praise GOD, terima kasih buat artikel ini mendorong qt semua untuk melayani Tuhan qt dalam tarian, kesaksian saya sebagai penari rebana, qt harus tahu bahwa setiap gerakan nya mempunyai arti/cerita yg benar2 sangat Luar Biasa dan mempunyai Kuasa, jka qt mendalami s'tiap gerakn, kita tahu artinya dan kita tarikan yg terbaik dari hati qt, Maka hadirat Tuhan akn memenuhi dn menympurnakn ap yg qt lakukan, yg terpnting adalh hati qt menarikanya bagi Tuhan Raja qt, Stiap gerakn mepunyai arti tertentu baik perayaan adapula peperangan, tambor yg ada di rebana itu jika qt mengetuknya mendakan penghancuran atas kuasa iblis mka ktuklah dgn iman dn hati berperang, pitanya melambangkan cambuk, layangkanlh dg baik cambuk itu saat menari, percayahlah engkau sadang mengusir dn memukul iblis si pengagu dlm Pujian Penymbahan yg dinaikan, disaat qt melompat qt mengijk-injak iblis, adapun perayaan kepada Tuhan adlh bagaimana qt menarikanya dg sebaik-baiknya/ dengan sempurna, klo melompat melomptlh dgn bnar, mengkt tangan angkatlah dgn benar, saya percaya sesederhana apapun gerakan qt Tuhan melihat hati, dn maksud hatimu yg kau tarikan itu, maka Tuhan akn menyempurnakn segala sesuatu yg kurang dgn qt, pasti dgn cara Tuhan. seperti tim rebana kami dulu menari hanya asl-asalan saja,dn benar2 sgt tidak bagus, dan selalu mapunyai pendapt yg berbeda2 yg bisa mgakibatkan beranteman, tidk mau tampil lgi dsb, tpi ktika kmi tahu bahwa tarian Rebana itu mempunyai Kuasa (kami beli bukunya, kami mulai belajar utk menarikan nya bagi Tuhan, sangat sdrhana tapi kami benar2 ingin memuliakn Tuhan, dengan cara Tuhan Dia menyempurnakan semuanya yg ada pd qt, bukan hany grkanya saja tapi, Hati qt dn hidup kami dijamah dan dislamatkan oleh Tuhan.Sungguh Dialah Tuhan yg telah ada, yg sudah ada dn yg akan datang, Muliakanlah Dia degan sgnap htimu dn sgnap kekuatanmu, sebab sebab semua alm jagat raya sujud menymbah Dia.Amin, Tuhan Yesus memberkati.

Eliz's picture
Posted by Eliz (not verified) on 30 June, 2010 - 16:02
Disain baju tamnourine

syalom...

saya penari tambourine di grj saya...
Dalam waktu dekat ini kami bakalan menjahitkan pakaian tamborine tapi sampai sekarang masih bingung mendesain model gaunnya,..

kalau teman-teman punya desain baju tamborine atau punya foto-foto baju tamborine yang biasanya dipake digereja, kirim ke emailku ya di namaQ_rotua@yahoo.co.id.

makasih...
Tuhan memberkati

Sahabat GEMA's picture
Posted by Sahabat GEMA (not verified) on 6 July, 2010 - 15:47
Rebana & Tari

Salam kasih semua... Buat yang baru mau mengenal sukacita dalam tari umumnya Rebana.... apa yang perlu anda sudah benar2 dipanggil dalam pelayanan ini. Sebab ada juga yang mengangkat pelayanan ini sekadar untuk memperlihatkan bahwa yang dia adalah seorang penari yang baik padahal di hatinya adalah kosong... Jadi lah penari yang menari untuk TUHAN bukan sekadar ambil partisipasi dalam pelayanan.... Saya sangat sedih bila melihat ada pelayan2 rebana yang dalam tarinya tidak kelihatan menghayati atau lebih senang dimengerti tidak dengan sukacita....

Untuk bahan cobalah menaip MARGARET YAP sebab AUNTY MARGARET adalah peribadi yang telah dipakai TUHAN dalam membuka @ menyampaikan kehendak TUHAN dalam tari.... Semua pattern, baju, dan banyak lagi boleh ditemui...

Sebelumnya, renungkanlah, berdoa dan kasih tau TUHAN anda siap dalam pelayanan ini. Dan yang penting anda sudah DIBAPTIS....

Selamat melayani Menarilah Untuk TUHAN Dengan SUkacitA..

Noy Sabah's picture
Posted by Noy Sabah (not verified) on 29 August, 2010 - 17:22
Anda perlu berkongsi ini

Anda perlu berkongsi ini dengan orang lain di Instagram, jadi pastikan anda melawat followers-like

Elleni's picture
Posted by Elleni on 26 September, 2018 - 16:31

Komentar