Login / Register    » RSS GEMA Feed

Feed aggregator

Pengalaman Magang: Membuka Booth SABDA di KMS SAAT, Malang

RSS Blog SABDA - 20 August, 2015 - 14:47

Oleh:Andi Susanto*

Tut Tut Tut ... Deru suara kereta api berbunyi, kereta api yang akan membawa saya (Andi), Kevin, dan Bu Yulia ke Malang untuk acara KMS SAAT selama 4 hari. Perjalanan yang berlangsung 6 jam itu kami habiskan untuk ngobrol dan bercerita mengenai banyak hal, termasuk bagaimana Tuhan membawa saya dan Kevin ke SABDA. Sesampainya di stasiun Malang, kami dijemput oleh Bu Melani dan Pak Yusuf dari pelayanan TELAGA dan langsung menuju ke SAAT.

Sesampainya di SAAT, kami segera menata booth SABDA di tempat pameran yang sama dengan tempat makan peserta. Ada banyak CD-CD Alkitab Audio, DVD Dengar Alkitab, DVD Library Anak, traktat-traktat, brosur-brosur situs dan publikasi, Parakaleo, dan lain sebagainya. Saya dan Kevin jaga booth dan tidak sempat mengikuti acara pembukaan, tetapi Bu Yulia bisa ikut walaupun sedikit terlambat.

Selain booth SABDA, ada 20 booth pelayanan lain yang juga dipamerkan. Nah, tepat di sebelah kami adalah booth TELAGA (yang diwakili oleh Pak Yusuf dan Bu Melany), mitra pelayanan SABDA. Pada acara makan, biasanya semua peserta juga akan berkunjung ke booth-booth pelayanan yang ada. Banyak sekali peserta KMS yang datang ke booth SABDA untuk minta diinstalkan aplikasi SABDA di HP Android mereka. Ada juga HP Blackberry dan Java yang minta diinstalkan aplikasi Alkitab. Untuk yang membawa laptop, kami tawarkan software SABDA untuk diinstal di laptop mereka. Banyak yang minta CD-CD Alkitab Audio dalam bahasa suku untuk dipakai di pelayanan mereka, termasuk booth Lembaga Rekaman Injil Indonesia (LRII). Rupanya ada banyak Alkitab bahasa suku yang mereka belum punya. Saya salut dengan Bu Yulia yang mampu melayani semua yang datang dengan baik sehingga banyak peserta yang terberkati dan bersyukur dengan pelayanan SABDA. Saya mendengar banyak dari mereka yang bercerita bahwa pelayanan SABDA banyak membantu pelayanan mereka.

Tugas saya dan Kevin adalah melayani instalasi aplikasi-aplikasi SABDA Android ke banyak HP peserta. YLSA, yang terus mengikuti perkembangan teknologi, telah meluncurkan banyak aplikasi Android yang berguna bagi masyarakat Kristen, misalnya Alkitab, AlkiPEDIA, Kamus Alkitab, Tafsiran Alkitab, Renungan PSM, Renungan Oswald Chambers , dan masih banyak yang lainnya. Sebenarnya, saya dan Kevin agak kewalahan karena ini adalah pengalaman pertama kami menginstal aplikasi Android dalam jumlah banyak. Untung malam pertama itu ada mantan staf SABDA yang datang untuk membantu, yaitu Mas Yudo. Mas Yudo bantu-bantu promosi sehingga lebih banyak lagi orang yang datang ke booth SABDA. Sementara para peserta mengikuti acara-acara, maka saya dan Kevin menginstal semua gadget yang ditinggalkan peserta di booth SABDA, dan juga beberapa laptop untuk diinstal software Alkitab. Puji Tuhan, ada kira-kira 80 HP yang bisa kami instal dengan banyak aplikasi. Ketika melihat ekspresi muka mereka yang sangat gembira, kami merasa puas karena kerja keras kami tidak sia-sia dan hal ini membuat kami lebih semangat lagi melayani.

Ada beberapa acara KMS yang sempat saya ikuti, yaitu kebaktian pagi yang dipimpin oleh Richard K. dengan tema "God's Kingdom". Pada siang hari, ada acara "Collaboration Session I" dan sorenya "Collaboration Session II". Kami tidak ikut di semua sesi, tetapi hanya di "Collaboration Session I"; saya masuk ke forum Business as Mission (BAM), sedangkan Kevin ikut forum Migrant Worker, dan Bu Yulia ikut dalam forum Urban Mission. Di forum BAM, saya belajar bahwa business harusnya menjadi alat untuk memperluas kerajaan Allah di dunia ini. Dalam berbisnis sering kali yang kita pikirkan adalah mencari untung sebesar-besarnya tanpa peduli sesama, lingkungan, bahkan Tuhan. Maka dari itu, ada 4 landasan BAM yang perlu diterapkan oleh orang-orang Kristen dalam berbisnis, yaitu spiritual (tujuan akhir adalah untuk kemuliaan Tuhan), finansial (bisnis juga perlu menghasilkan untung), sosial (menjalin hubungan yang baik dengan sesama), dan lingkungan (tidak merusak lingkungan). Melalui bisnis kita, kita harus melakukan Amanat Agung, yaitu memuridkan orang lain sehingga lebih banyak orang dapat mengenal Allah. Pada malam hari, ada sesi "Presentation and Prayer" dan kami bisa melihat peserta-peserta booth mempresentasikan pelayanannya dan mendoakan mereka.

Pada hari ke-3 ada kejutan, karena setelah kebaktian pagi yang dipimpin oleh Richard K. dengan tema "Church as the Center", peserta booth Indonesian Care dan SABDA diminta untuk memberikan presentasi, padahal seharusnya dijadwalkan untuk malam hari. Bu Yulia senang sekali karena kalau dibawakan pada malam hari banyak peserta yang sudah capai dan mengantuk. Bu Yulia membawakan presentasi dengan apik mengenai dunia teknologi digital yang semakin maju dan "Apps4God" yang mendorong peserta untuk memakai aplikasi bagi kemuliaan Tuhan supaya menjangkau generasi masa depan.

Acara ditutup dengan "Closing Collaboration and Commitment" yang dipimpin oleh Ria Pasaribu dan Peter Hidayat, dan setelah itu acara sayonara dengan foto bersama.

Saya berterima kasih dan bersyukur sekali karena mendapat kesempatan untuk melayani lewat roadshow di KMS SAAT Malang, karena saya dapat pergi ke tempat baru, bertemu dengan orang-orang baru dan dapat melayani mereka lewat instalasi apps. Saya sangat bersyukur karena SABDA sangat menolong banyak peserta KMS dalam pelayanan mereka. Saya juga berharap agar anak-anak muda di zaman sekarang ini dapat menggunakan teknologi yang ada dengan sebaik-baiknya karena teknologi ada karena Tuhan yang menciptakannya, untuk itu harus kita kembalikan untuk kemuliaan Tuhan juga. Tuhan Yesus memberkati.

Datang kerumah Tuhan

Sabdaspace_lokal - 19 August, 2015 - 14:27

Tema yang saya ambil untuk penulisan  hari ini adalah tentang " Datang ke rumah Tuhan "  dan sebagai ayat pendukung nya dari kitab Yesaya 37: 1-7

read more

Categories: Blog musik

Datang kerumah Tuhan

Sabdaspace_lokal - 19 August, 2015 - 14:27

Tema yang saya ambil untuk penulisan  hari ini adalah tentang " Datang ke rumah Tuhan "  dan sebagai ayat pendukung nya dari kitab Yesaya 37: 1-7

read more

Categories: Blog musik

Pelayanan SABDA di Workshop GSM Kota Surakarta

RSS Blog SABDA - 19 August, 2015 - 13:48

Bersyukur! Itulah perasaan kami saat kami mendapat informasi dari Mbak Evie, bahwa semua staf PESTA akan mengikuti roadshow SABDA di acara Workshop Guru Sekolah Minggu (GSM) kota Surakarta, yang diselenggarakan oleh Kemenag kota Surakarta. Dalam acara ini, Ibu Yulia diundang untuk menjadi salah satu pembicara yang membawakan materi tentang "Guru Sekolah Minggu yang Mengembangkan Diri dan Berwawasan".

Dalam briefing persiapan roadshow, kami berbagi tugas; Mei akan bertanggung jawab untuk "booth", saya dan Ayub melayani instalasi software SABDA di laptop dan aplikasi-aplikasi SABDA Android di HP para peserta. Acara ini diadakan di Hotel Sarilla, dan ada 25 peserta GSM yang mewakili 21 gereja di lingkungan Surakarta dan berlangsung selama 3 hari.

Secara garis besar, Ibu Yulia memulai dengan mengajak peserta berdiskusi tentang mengapa GSM perlu mengembangkan diri. Hasil diskusi memberikan fakta bahwa GSM pada dasarnya tahu bahwa GSM harus mengembangkan diri, bahkan tahu bagaimana caranya. Akan tetapi, mengapa banyak GSM tidak melakukannya? Karena itu, Ibu Yulia memaparkan teori tentang pertumbuhan, yang diharapkan dapat membuat para GSM menyadari dan mengubah paradigma belajar yang salah dari para peserta. Proses belajar dan pertumbuhan berjalan sejajar, dan harus dilakukan seumur hidup tanpa dibatasi oleh usia. Selain itu, Ibu Yulia juga memberikan tip bagaimana GSM dapat terus berkembang, yaitu dengan:
- Membaca
- Menulis ulang apa yang dibaca
- Bertanya (Why dan How)
- Mencoba hal-hal baru
- Mengevaluasi diri
- Banyak belajar

Selesai memberikan materi, Ibu Yulia juga membagikan DVD Library Anak yang berisi bahan-bahan biblika kepada semua peserta. Lalu, ditawarkan juga pelayanan instalasi aplikasi-aplikasi untuk mengajar anak sekolah minggu ke HP para peserta workshop, yaitu Cerita Alkitab Terbuka (CAT) dan Cerita Injil Audio (CIA) , sehingga pulang dari workshop ini para GSM sangat diberkati dengan bahan-bahan yang melimpah dari SABDA. Kami sangat berharap mereka akan menggunakan bahan-bahan tersebut untuk mengajar anak-anak di gereja mereka masing-masing.

Kami bersyukur karena SABDA menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk memperlengkapi para pelayan Tuhan dengan bahan-bahan biblika yang berkualitas. Harapan kami, para GSM yang sudah menerima bahan-bahan dari SABDA dapat mengaplikasikan apa yang sudah diajarkan dan materi yang sudah didapat untuk melayani anak-anak SM dengan lebih baik.

Soli Deo Gloria!

Pengalaman Magang: Ikut Roadshow SABDA di GKA Gloria, Surabaya

RSS Blog SABDA - 18 August, 2015 - 13:56

Oleh:Kevin Fidelis*

Pada hari Jumat, 7 Agustus 2015, usai mengikuti Konsultasi Misi di SAAT, saya, Andi, dan Ibu Yulia melanjutkan perjalanan menuju Surabaya. Kami naik kereta api dari stasiun Malang dan sampai di stasiun Gubeng, Surabaya, 3 jam kemudian. Tim SABDA melakukan perjalanan ke Surabaya dalam rangka memberikan pelatihan software SABDA di GKA Gloria Pacar. Di stasiun, kami dijemput oleh sopir GKA Gloria Pacar menuju hotel tempat kami menginap. Hari pertama di Surabaya kami pakai untuk beristirahat, mempersiapkan ruang yang akan dipakai untuk pelatihan, dan berjalan-jalan. Salah satu rekan kami yang menyusul ke Surabaya adalah Mbak Evie, dan tiba di Surabaya pada Jumat malam.

Pada hari Sabtu, 8 Agustus 2015, kami memberikan pelatihan SABDA di GKA Gloria Pacar. Pelatihan tersebut diikuti oleh sekitar 20 orang. Setengah dari jumlah peserta itu adalah orang dari luar GKA Gloria, dan sisanya adalah pelayan Tuhan dari GKA Gloria Pacar. Bu Yulia menyampaikan perkenalan tentang Yayasan Lembaga SABDA, lalu Mbak Evie memberikan pendahuluan tentang software SABDA. Bagian utama dari pelatihan ini diberikan oleh Bu Yulia, yaitu tentang bagaimana memakai software Alkitab SABDA tahap per tahap dan teknik penggalian Alkitab dengan software SABDA. Ketika Ibu Yulia presentasi, Andi membantunya dengan menjadi operator komputer. Oiya, Vivin yang tinggal di Surabaya datang pagi itu untuk membantu kita juga lho ... dia jaga "booth" SABDA, sedangkan saya membantu menginstall aplikasi Android ke Hp-Hp peserta dan membantu para peserta kalau kebingungan mengikuti pelatihan. Kami bersyukur para peserta terlihat antusias ketika mengikuti pelatihan ini, dan bersyukur juga bahwa kami diberi kesempatan untuk memperlengkapi hamba Tuhan melalui pelatihan ini. Sebelum pergi meninggalkan gedung gereja, kami mempersiapkan booth SABDA yang akan dibuka pada kebaktian hari Minggu.

Pada hari Minggu, 9 Agustus 2015, kami membuka booth SABDA dan Bu Yulia menyampaikan presentasi tentang produk-produk SABDA dalam 4 kebaktian umum GKA Gloria Pacar. Dalam setiap presentasi yang disampaikan Bu Yulia, Bu Yulia juga mengarahkan jemaat yang ingin mendapat produk SABDA untuk datang ke booth kami. Seperti yang kami perkirakan sebelumnya, ada banyak jemaat, khususnya dari kebaktian umum pertama dan kedua, yang mendatangi booth kami untuk mendapat produk SABDA. Dalam proses instalasi aplikasi Android, kami cukup terbantu karena ada Wi-Fi, sehingga jemaat muda bisa langsung mengunduh sendiri aplikasi SABDA Android di Play Store.

Sebagai staf magang, kami bersyukur diberi kesempatan mengikuti roadshow SABDA dan mendapatkan pengalaman yang menarik. Kami melihat pertolongan Tuhan yang terus memberkati pelayanan tim SABDA. Kami juga senang karena produk-produk yang dihasilkan SABDA dapat dipakai untuk memperlengkapi hamba Tuhan dan jemaat, sehingga dapat membantu mereka melayani Tuhan dengan baik. Dengan pelatihan software SABDA, kita dapat mempelajari firman-Nya secara bertahap, dan belajar teknik penggalian Alkitab dengan software SABDA.

GALAU MAU NULIS APA?

Sabdaspace_lokal - 18 August, 2015 - 09:46






GALAU MAU NULIS APA?

 

read more

Categories: Blog musik

Memberitakan kabar baik

Sabdaspace_lokal - 14 August, 2015 - 19:54

Selamat berjumpa kembali teman2  dalam artikel saya ini tentang pengalaman penginjilan saya saat mengikuti tim penginjilan gereja tempat saya beribadah dan melayani ke gereja Pos PI kami yabg berada di Kalimantan....

read more

Categories: Blog musik

TOPENG

Sabdaspace_lokal - 14 August, 2015 - 16:02

Ada yang pernah menonton acara reality TV show King of Mask Singer? Jika pengen tahu, cari saja di youtube (bukan bermaksud mau promosi).

read more

Categories: Blog musik

Merampok Anak Cucu

Sabdaspace_lokal - 13 August, 2015 - 14:30

Katanya, kalo di kampung, maling ketangkep bisa digebukin rame-rame. Kalo malingnya membagi hasil jarahan (bak Robin Hood), katanya, dianggap pahlawan. Nah, kalo malingnya kita sendiri, enaknya diapain yah?

read more

Categories: Blog musik

Itulah Aku dan Sabda Space

Sabdaspace_lokal - 12 August, 2015 - 00:57

Laksana kain putih bersih
Dalam hitamnya perkabungan
Menyusuri belantara,
Dimana mata merah bersiaga,memangsa

Rimba seribu cemara
Panas bagai api neraka
Berkumandang sumpah serapah
Berlantang menyesak dada

Disini, aku mengaduh dalam gaduh
Disini, aku  menyisir dalam titian serambut dibelah tujuh
Berbaju zirah, bertameng pedang

read more

Categories: Blog musik

tulip

Sabdaspace_lokal - 10 August, 2015 - 16:34
Categories: Blog musik

Refleksi Sabda Space

Sabdaspace_lokal - 9 August, 2015 - 20:29

mereka menyebutnya pasar
pasar klewer tepatnya
tapi bukan tempat berjualan batik
ini klewer di dunia maya
tempat orang berdagang kata-kata
"lu jual gua beli"
"gak cocok harga kita bicara lagi"
begitu yang acap terdengar
di keriuhan yang kukenal beberapa tahun lalu

mereka menyebutnya arena
tempat bertarung para jawara

read more

Categories: Blog musik

Welcome To Sabda Space

Sabdaspace_lokal - 8 August, 2015 - 09:40

Welcome To Sabda Space

 

Welcome To The Jungle

Dari yang awam sampai yang bebal

Tergoda menegakkan hukum rimba

read more

Categories: Blog musik

HARI KEMERDEKAAN

humor musik - 5 August, 2015 - 14:08

Hari Peringatan Kemerdekaan Indonesia sudah semakin mendekat.

read more

Aku dan Sabda Space

Sabdaspace_lokal - 3 August, 2015 - 20:52

Sabda space merupakan suatu wadah komunitas dan pengetahuan firman Tuhan yang cukup luas...

Juga merupakan tempat pelayanan yang memadai...disini kita dapat saling membagi dan saking menerima....yang kita tau ...kita bagikan...yang tidak kita ketahui...disini kita akan mendapakan....

read more

Categories: Blog musik

Delapan Tahun SABDA Space :)

Sabdaspace_lokal - 3 August, 2015 - 14:38

Dalam usia yang ke-8 tahun ini, kiranya komunitas SABDA Space semakin bertumbuh dalam Kristus dan menjadi sarana yang menolong setiap pengguna dan para pengunjung semakin memahami firman Tuhan. Marilah kita saling mendukung, menguatkan, dan menolong sehingga sebagai satu tubuh Kristus, kita boleh bertumbuh bersama di dalam Dia.

Oya, jangan lupa ikutan lomba menulis puisi di SS ya! Info selengkapnya: HORE!! SABDA SPACE ULANG TAHUN KE-8


Berikut ini adalah daftar blog-blog yang telah mewarnai SS selama bulan Juli lalu. Kiranya dapat menjadi inspirasi bagi kita semua. Silakan klik judul blog jika Anda belum membacanya. Terima kasih.

read more

Categories: Blog musik

Jejak Hidup

Sabdaspace_lokal - 2 August, 2015 - 06:35

                                                       -- untuk sahabatku : SABDAspace

 

read more

Categories: Blog musik

HORE!! SABDA SPACE ULANG TAHUN KE-8

Sabdaspace_lokal - 31 July, 2015 - 08:36

Dear all blogger SS,

Selamat ulang tahun SABDA Space! :) Hari ini, 31 Juli 2015, SS genap berusia 8 tahun. Hore!! Bersyukur kepada Tuhan Yesus atas penyertaan-Nya selama ini sehingga SS bisa menjadi alat untuk memuliakan nama-Nya melalui tulisan-tulisan para blogger SS.

Kalau tahun-tahun kemarin, ulang tahun SS dimeriahkan dengan lomba menulis blog. Tahun ini, beda! SS akan mengajak semua blogger untuk berpuisi ria. :D Kami mengajak semua blogger untuk berpartisipasi aktif dalam menulis puisi dengan tema "Aku dan SABDA Space", dan puisi tersebut akan dilombakan. Setiap puisi yang diikutkan dalam lomba harus diposting di situs SABDA Space dan akan dianggap sah apabila sudah memenuhi kriteria di bawah ini:

Kriteria Lomba:
1. Puisi harus orisinal (karya sendiri).
2. Panjang tulisan maksimal 2000 karakter.
3. Puisi harus diposting di SABDA Space, dengan diberi Tag: lomba, SS, puisi, kreatif.
4. Blogger boleh memosting lebih dari 1 puisi (maksimal 2 puisi).
5. Puisi yang dilombakan tidak boleh diposting/diterbitkan/dipublikasikan di media apa pun, kecuali di SS.
6. Tidak boleh melanggar policy SABDA Space.
7. Periode untuk memosting tulisan adalah 31 Juli -- 31 Agustus 2015.
8. Keputusan pemenang mutlak dari tim juri.
9. SABDA Space tidak bertanggung jawab atas semua klaim dari pihak ketiga, berkaitan dengan postingan peserta lomba.
10. SABDA Space berhak melakukan publikasi ulang karya peserta lomba yang sudah dikirim ke semua situs SABDA, berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu.

Semua puisi yang diikutkan dalam lomba akan dinilai oleh tim juri, dan pemenang akan diumumkan pada tanggal 11 September 2015. Setiap pemenang lomba berhak memperoleh hadiah.

read more

Categories: Blog musik

Tuhan mau pakai saya

Sabdaspace_lokal - 30 July, 2015 - 22:53

Perkenalkan saya Eveline Tay...lahir dalam keluarga kristen...hanya nenek waktu itu yang belum percaya Tuhan....

saya akan sharingkan pengalaman unik saya waktu saya masih remaja....usia saya sekarang 58 tahun.

read more

Categories: Blog musik
Syndicate content

Komentar