Login / Register    » RSS GEMA Feed

Tips Cara Bermain Biola yang Benar

silverclown's picture

Tips Cara Bermain Biola yang Benar
Berikut adalah tips yang bisa Anda praktikkan untuk belajar bermain biola.

Menyetem Senar Biola
Tentunya setiap alat musik yang akan dimainkan harus di stem terlabih dahulu agar tidak fals. Untuk biola sendiri memiliki nada standar yaitu G - D - A - E. Untuk dapat memperoleh nada yang pas anda dapat menggunakan bantuan alat tunner sehingga bisa mendapatkan nada yang pas.

Posisi Memegang Biola
Hal dasar yang harus diketahui sebelum dapat memainkan biola dengan baik dan benar adalah posisi memegang biola. Tentunya saat memainkan sebuah alat musik posisi memegang alat tersebut haruslah baik dan benar. Untuk biola sendiri posisi yang baik adalah posisi badan harus berdiri tegak dengan posisi kaki agak sedikit dibuka. Letakkan biola pada pundak kiri lalu jepit menggunakan dagu dan juga pundak anda. Cari posisi serileks dan senyaman mungkin agar tangan kanan anda dapat leluasa menggesek senar pada biola dan tangan kiri anda dapat leluasa menari memainkan senar.

Memegang Busur Biola
Untuk dapat memegang busur (bow) biola dengan benar letakkanlah jari tengah telunjuk pada bow dan gunakan jari jempol untuk menahanya pada arah yang berlawanan. Lalu posisikan sejajar jari tengah anda dengan jari telunjuk dengan posisi jari kelingkin agak sedikit melengkung. Setelah itu usahakan untuk memegang busur (bow) dengan santai sehingga dapat fleksibel ketika anda mulai menggosok biola. Dan jangan terlalu kaku dalam melakukanya.

Posisi Jari Pada Biola
Posisi jari kiri pada biola sangat berperan penting untuk menentukan nada yang dihasilkan. Untuk itu setidaknya anda harus mulai menghafal atau memahami posisi jari pada freet biola. Posisikan juga telapak tangan sedikit di dibawah dagu sehingga posisi biola lurus dan juga sejajar. Berikut posisi jari pada fret biola dengan menggunakan gambar agar lebih jelas

Mulai Belajar Memainkan Biola
Nah inilah saatnya anda mulai belajar memainkan biola anda setelah sebelumnya melewati beberapa tahapan terlebih dahulu. Mulailah dengan menggesek senar dalam keadaan tidak ditekan (open string). Gesek panjang kemudian pendek, gesek kuat kemudian lembut. Hal ini akan membiasakan anda khususnya pendengaran anda untuk bisa mendapatkan suara yang sesuai. Nah setelah itu anda dapat mulai melatih solmisasi dari nada do-re-mi-fa-so-la-si-do pada setiap senar maupun antar senar.
 
Sumber: http://vevnews.blogspot.com/2015/04/teknik-cepat-cara-bermain-biola-untuk.html

Submitted by silverclown on 24 June, 2015 - 14:31
 

Comments

1 comment posted
The basic thing that should

The basic thing that should be known by the learner (a student or just a common person) before you can play the violin properly is a holding position violin.
Of course, when playing a musical instrument holding position of the tool must be good and true. For violin itself a good position is the position of the body should be upright with your feet slightly open. Some good essays for college on Music are about how to learn playing violin fast. Here's one trick from the paper: Place the violin on the left shoulder and jaws using your chin and shoulder. Find the position and comfortable as possible so that your right hands can be free to swipe the strings on the violin and the left hand you can freely play the strings dance.

rogermarsian's picture
Posted by rogermarsian on 11 January, 2017 - 16:04

Komentar