Login / Register    » RSS GEMA Feed

Sejarah Lagu "Ku Mau Setia" (PPK 26)

admin's picture

Judul: I would be true
Pengarang: Howard Arnold Walter
Komposer: Joseph Yates Peek

Lagu "KU MAU SETIA" ditulis oleh seorang pemuda ketika ia berusia duapuluh-an tahun. Lagu ini menjadi salah satu lagu himne yang paling menarik yang pernah ditulis seorang pemuda pada masa itu. Saat itu tahun 1906, penulis lagu ini, Howard Arnold Walter sedang pergi ke Jepang untuk mengajar bahasa Inggris selama satu tahun di Waseda University. Ketika Howard kembali pulang, ia ingin mengungkapkan filosofi hidupnya dengan menulis bait-bait puisi. Puisi itu ia beri judul "My Creed" dan ketiga bait puisi karangannya ia berikan kepada sang ibu. Pada tahun 1909, Howard menunjukkan puisi tersebut kepada seorang pengkhotbah Metodis keliling, Joseph Yates Peek. Karena Joseph tidak memiliki keahlian di bidang musik, ia menyerahkan bait-bait puisi tersebut kepada seorang temannya yang bernama Grant Colfax Tullar. Akhirnya, puisi tersebut lagu himne yang sampai sekarang kita kenal, KU MAU SETIA.

Howard lahir pada tanggal 19 Agustus 1883 di New Britain, Connecticut. Ia lulus dengan predikat sangat memuaskan dari Princeton University pada tahun 1905. Setelah ia kembali ke Amerika dari Jepang, ia mempersiapkan diri untuk pelayanannya di Hartford Seminary. Ia ditahbiskan menjadi pendeta oleh Congregational Church kemudian melayani sebagai asisten hamba Tuhan di Asylum Hill Congregational Church di Hartford, Connecticut selama tiga tahun. Pada tahun 1913, ia bergabung dengan staf eksekutif YMCA dan pergi ke Lahore, India untuk mengajar dan "meraih" mahasiswa non Kristen di sana. Tahun 1918, karena adanya epidemi influenza yang meluas di daerah itu, kehidupan pemuda ini berakhir. Untuk mengenang semangat kesetiaan Howard, Hartford Seminary mengukir namanya di tempat kehormatan, dan ukiran nama itu masih ada sampai sekarang.

Submitted by admin on 29 August, 2006 - 16:17

Comments

3 comments posted
Pada tahun 1909

Pada tahun 1909, Howard menunjukkan puisi tersebut kepada seorang pengkhotbah Metodis keliling, Joseph Yates Peek. happy wheels demo.

vermaruby38's picture
Posted by vermaruby38 on 18 October, 2018 - 13:23
desktopicon

Nice to be visiting this Homepage and i am so impressively getting information with this Online tutorial. This is helping me a lot to know how to put icons desktop in windows 10 and use my desktop of windows 10 OS so easily. Thank you so much.

ashwin's picture
Posted by ashwin on 29 October, 2018 - 18:37
thanks

I get back to the program by the love of people. That is quite a surprise and I feel happy. But I have not had much time to prepare the repertoire, dance and costumes as you for the finals.
entrar no outlook

thutrangctp's picture
Posted by thutrangctp on 13 November, 2018 - 15:58

Komentar